Kamis, 18 April 2013

10 Daftar Pulau Terbesar Sedunia

Sore semua ...
Kali ini Oktana mau bagi bagi ilmu tentang 10 Pulau Terbesar Didunia
Lets check this out and like our page before read this article


1.Greenland (Divisi Otonomi Denmark)

Pulau seluas 2.175.600 km2 ini , menjadi Divisi Otonomi Denmark.Pulau ini terletak di Samudra Atlantik bagian Utara.Pullau ini sebesarr 80% wilayahnya tertutup oleh es tebal bahkan mencapai 3 km.Ibukotanya adalah Nuuk.Dan secara geografis pulau ini termasuk bagian dari Amerika Utara.

2.Irian Jaya/Papua (Indonesia dan Papua Nugini)

Kalian pasti tau akan pulau ini.Biasa disebut sebagai PAPUA.Pulau ini berbentuk seperti Burung Rajawali . Luas nya mencapai 890.000 km2.Di pulau ini , terletak gunung tertinggi se Indonesia , yaitu Puncak Jayawijaya.

3.Kalimantan (Indonesia,Malaysia dan Brunai Darussalam)

Pulau ini biasa juga disebut sebagai Borneo.Pulau ini diduduki oleh tiga negara , yaitu Indonesia , Malaysia , dan Brunai Darussalam.Pulau ini , luasnya mencapai 743.330 km2.

4.Madagaskar (Madagaskar)

Pulau ini secara keseluruhan diduduki oleh negara Madagaskar.Pulau seluas 587.041 km2 ini,terletak di lepas pesisir timur Afrika.Secara geologis , pulau ini tidak terletak pada lempeng Afrika . Pertama kali pulau ini lepas dari anak benua India dan makin mendekati Afrika.Pulau ini adalah daratan tua , sama seperti Australia.Tanah merah di pulau ini menunjukkan bahwa keadaan tanah yang telah melapuk.Akibat isolasi ratusan juta tersebut , banyak flora dan fauna endemik yang terdapat di pulau ini,mirip dengan Sulawesi.

5.Baffin (Kanada)

Adalah salah satu dari Kepulauan Arktik di wilayah Nunavut , Kanada.Merupakan pulau terbesar di Kanada.Berpenduduk sekitar 11.000 jiwa((2004).Luasnya mencapai 507.451 km2.

6.Sumatra (Indonesia)

Pulau seluas 425.000 km2 ini , keseluruhannya terletak di Indonesia.Kota terbesar di pulau ini adalah Medan dengan populasi melebihi dari 3 juta penduduk.

7.Honshu (Jepang)

Adalah pulau terbesar di Jepang dengan luas 227.414 km2 dan populasi lebih dari 98 juta penduduk.

8.Britania Raya (Inggris Raya)

Pulau seluas 218.595 km2 ini , keseluruhannya merupakan bagian dari Inggris Raya.Di pulau ini terletak 3 negara bagian Inggris Raya ,yaitu Inggris,Skotlandia dan Wales

9.Victoria (Kanada)

Merupakan bagian dari Kepulauan Arktik dan terbagi menjadi dua wilayah negara bagian Kanada , yaitu Nunavut dan Northwest Territories.Luasnya mencapai 217.291 km2

10.Ellesmere (Kanada)

Terletak di bagian utara Kepulauan Arktik dan menjadi kepemilikan Kanada seluruhnya.Luasnya mencapai 196.236 km2

Nah itu dia .... Klik link dibawah ini untuk mengetahui selengkapnya


Thanks telah membaca artikel ini , see you ... :)
Akmal



0 komentar:

Posting Komentar