Jumat, 13 Desember 2013

10 Sungai Terpanjang di Indonesia

Pagi semua , kali ini saya akan share tentang 10 Sungai Terpanjang di Indonesia yang ada di beberapa provinsi . Cekidot.

1.Sungai Kapuas - Kalimantan Barat

Memanjang sampai 1178 km mulai Pegunungan Muller hingga ke Selat Karimata.Sungai ini menjadi alur transportasi dari berbagai daerah dan juga mempunyai potensi perikanan air tawar sebanyak 2 juta ton.Ada 700 spesies ikan di sungai ini.

2.Sungai Mahakam - Kalimantan Timur
Memanjang sepanjang 920 km dari hulunya di Kutai Barat hingga Selat Makassar.Sungai ini memegang bidang transportasi , perikanan , dan irigasi bagi Kalimantan Timur.Sungai ini juga merupakan habitat bagi ikan Pesut Mahakam .

3.Sungai Barito - Kalimantan Selatan
Sama dengan sungai Kapuas , aliran Barito diawali dari Pegunungan Muller,namun bermuaranya di Laut Jawa.Sungai ini memanjang hingga 909 km dan lebarnya 650 m - 800 m yang menjadikan sungai ini menjadi sungai terlebar di Indonesia.Dan dibagian muaranya , bisa mencapai 1000m atau 1 km.

4.Batanghari - Sumatera Barat dan Jambi.
Mengalir sepanjang 800 km dari mata airnya di Gunung Rasan dengan muara di Muara Sabak di Timur Sumatra.Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Sumatera.Sungai ini selain mempunyai fungsi sama dengan sungai besar lainnya,juga digunakan sebagai tempat penyaringan emas.

5.Sungai Musi - Sumatera Selatan
Memanjang hingga 750 km mulai dari Bengkulu hingga di Sumatera Selatan.Sungai ini membelah kota Palembang menjadi 2 yang dihubungkan oleh Jembatan Ampera.

6.Sungai Mamberamo - Papua
Mengalir sepanjang 670 km dari bagian selatan Pegunungan Foja.Sungai ini dijuluki Amazonnya Papua karena besarnya sungai dan banyaknya flora fauna disekitarnya.

7.Bengawan Solo - Jawa Tengah dan Jawa Timur
Sungai terpanjang di seantero Jawa ini menempati posisi ke 7 .Panjangnya mencapai 548,53 km . Muaranya ada di bagian pegunungan di Wonogiri dan Ponorogo dan muaranya di Gresik.

8.Sungai Digul - Papua
Sungai yang berasal dari Papua ini mempunyai hulu di Pegunungan Maoke dan muaranya di Merauke yang membentang sepanjang 525 km.

9.Sungai Indragiri - Riau
Mengalir sepanjang 500 km . Sungai ini merupakan gabungan dari Sungai Ombilin dan Sungai Sinamar yang bersatu menjadi Indragiri .

10.Sungai Seruyan - Kalimantan Tenggah
Lagi lagi di Kalimantan sungai terpanjang . Memanjang sepanjang 350 km dengan lebar kira kira 300 m.

0 komentar:

Posting Komentar