Selasa, 02 Juli 2013

10 Mega Proyek Terbesar Sedunia

Pagi semua , kali ini mau bagi bagi pengetahuan ya . Tentang mega proyek negara negara dunia.Proyek ini memang tidak diragukan lagi ke'MEGA'annya.Karena proyek ini ada yang memakai teknologi , memakan tempat yang luas , dll.Urutan berdasarkan perhitungan biaya dalam dollar AS.6 dari 10 proyek ini ada di Timur Tengah dan 3 dari 10 proyek ini ada di Uni Emirat Arab.Negra ini memang sedang ngeJOSS sekarang perkembangannya :o.Langsung ya :



10.Great Man-Made River Project , Libya

Diharapkan bisa mengairi 350.000 dan dapat mengairi beberapa kota.Libya telah mengerjakan proyek ini sejak 1985 dan proyek ini telah menyelesaikan 3 tahap jadi tinggal 1 tahap lagi dan dijadwalkan akan selesai pada 2030

9.Saadiyat Island Entertaiment and Leisure Destination , Abu Dhabi

Terletak di Ibukota Uni Emirat Arab.Dikerjakan oleh investor swasta,dengan mengembangkan area tersebut sesuai potensinya.Tahun 2018 proyek ini akan selesai dengan dilengkapi area laut, pantai dan banyak ruang rekreasi.

8.Sellafield Nuclear Site,Inggris

Meliputu area seluas 700 hektar .Tempat ini merupakan tempat pendaur ulangan bahan bakar nuklir pertama di Inggris.Mengandung pembangkit listrik komersial pertama di dunia nuklir yang selesai operasi pada 2003,ada beberapa pembersihan.Pada 2120 , situs Sellafield akan menjadi brownfield.

7.Songdo International Bussiness District , Korea Selatan

Pembangunan pusat kota / downtown baru di Incheon , Korea Selatan.Akan menjadi temppat tinggal lebih dari 60.000 orang dan akan ada gedung tertinggi di Korea.Proyek ini adalah perluasan lebih dari 1500 hektar area laut.

6.Yas Island Mixed-Use Complex , Abu Dhabi

Apabila proyek ini telah selesai maka daerah ini akan menjadi destinasi liburan favorit rakyat Timur Tengah.Perusahaan lain yang dibangun disini adalah Ferrari World Abu Dhabi, taman indoor terbesar dunia.

5.South to North Water Transfer Project , China

Bagian Utara China merupakan tempat tinggal sekitar 50 % rakyat China namun hanya memiliki sumver daya air sekitar 20 % .Tiga sungai besar di China akan memasok dengan 3 kanal yang masing masing lebih dari 600 mil.Menggusur banyak habitat hewan dan ini merupakan proyek selama 48 tahun.Namun ada kekhawatiran akan potensi banjir dan kualitas air.Ketika selesai proyek ini akan memasok air sekitar 44 miliar m3 air pertahun

4.International Space Station

Stasiun luar angkasa ini akan mengelilingi Bumi setiap 92 menit . Merupakan proyek kerjasama 15 negara dan 5 badan luar angkasa.

3.Dubailand , Dubai

Terletak di kota terbesar di Uni Emirat Arab.Luasnya sekitar 278 km2. Memiliki 6 bagian yaitu taman hiburan, tempat olahraga, pariwisata, fasilitas kesehatan, area ilmu pengetahuan, dan hotel.Juga akan memiliki hotel terbesar dengan 6.500 kamar dan salah satu mall terbesar dengan sedikitnya 10 juta kaki persegi.Diperkirakan selesai tahun 2025.


2.Jubail II,Saudi Arabia

Merupakan proyek industri selama 22 tahun.Proyek ini memiliki efek ganda pada daerah tsb.Apabila proyek ini selesai,kawasan ini akan memiliki 100 perencanaan industri,800.000 m2 rencana untuk desalinisasi,ber mil mil rute kereta api dan jalan jalan besar,dan kilang minyak yang memproduksi minyak sedikitnya 350.000 barrel minyak perhari.Keseluruhan proyek ini diprediksi selesai pada 2024.


1.South Valley Development,Mesir

Akses air yang bisa diangkut adalah tanda awal tahap pembangunan utama. Tahap pertama proyek ini adalah Stasiun Pompa Mubarak, selesai pada 2003. Namun tidak ada pernyataan bahwa proyek ini merupakan stasiun pemompaan terbesar di dunia, dengan kapasitas air untuk menangani 25 juta meter kubik per hari. Air sungai Nil dipompa ke Kanal Sheikh Zayed, sepanjang 72-kilometer.


Sumber : Treee Huges - Mega Proyek Terbesar Dunia
Makasih udah mau baca , sampai jumpa di next post

0 komentar:

Posting Komentar